IMG-LOGO
Berita

BUDIDAYA JANGKRIK

Create By 18 December 2018 10 Views
IMG

Budidaya Jangkrik

Jangkrik, hewan dengan suara khas saat tengah malam ini memang dikenal banyak orang. Jangkrik menjadi salah satu hewan yang kini tengah di budidayakan oleh masyarakat kita. Hewan ini dibudidayakan untuk berbagai keperluan mulai dari pakan burung kicau hingga untuk pembuatan produk obat.

 Peluang bisnis budidaya jangkrik bagus untuk dikembangkan mengingat dengan sering orang mengadakan berbagai lomba burung, karena jangkrik menjadi  pakan burung itu. Nilai jual jangkrik tentunya memiliki angka yang besar dan menguntungkan. Jika  terjun dalam budidaya jangkrik tentunya akan meraup untung yang lebih besar.

Resiko keberhasilan budidaya jangkrik memang memiliki prosentase yang tinggi. Hal ini pun membuat banyak orang terjun dalam bisnis budidaya jangkrik. Untuk usaha budidaya jangkrik dapat dikatakan sangatlah menguntungkan. Makanan jangkrik mudah di dapatkan dan cara perawatannyapun tidaklah sulit. Menarik memang kesempatan ini digunakan untuk mengulas budidaya jangkrik. Ada salah seorang warga Dusun Diwak yang menggeluti usaha ini, beliau memulai usaha ini bertahun-tahun. Beliau memiliki beberapa box , saat kami mengunjungi box tersebut masih berisi anakan jangkrik karena baru saja panen.

Awal mula usaha ini berdiri adalah dengan melihat peluang besarnya permintaan pakan burung, terutama didaerah Magelang dan sekitarnya yang notabane nya memang gudangnya pecinta burung. Perawatan jangkrik ini cukup mudah karena hanya perlu memberi makan jangkrik dengan remehan sabut kelapa yang diberi air dan sedikit pakan tambahan. Untuk keamanan kandang harus dibuat melayang dari tanah agar jangkrik tidak diserang semut.

Ada beberapa kendala dalam pembudidayaan jangkrik ini, misalnya saja penyusutan bobot jangkrik akibat stress, jangkrik mati mendadak dan sebagainya. Namun hal tertsebut bisa dihindari atau ditanggulangi dengan cara tetap menjaga kesetabilan hidup jangkrik , memberi makan rutin, tidak mencampur jangkrik muda dan tua dsb.

Saat ini usaha jangkrik tersebut sudah memiliki beberapa mitra. Untuk pemasaranya sendiri cukup aman karena sudah bekerjasama dengan sales. Harga jual cukup stabil. Tetapi kadang juga terjadi penurunan harga yang disebabkan oleh beberapa factor misalnya saja, pasokan jangkrik dari daerah lain melonjak dengan harga dibawah pasaran lokal, maka bisa dipastikan harga jangkrik turun drastic, begitu pula sebaliknya.

Setiap usaha pastinya memiliki resiko masing-masing. Tinggal bagaimana kita sebagai penggiat usaha mampu bertahan dalam bisnis yang dijalankan atau tidak.

IMG
IMG
IMG

96,8 FM Radio Gemilang